Review Apple iPhone SE 2020

Review Apple iPhone SE 2020

Review Apple iPhone SE 2020 dibangun dengan satu tujuan: untuk meluncurkan iPhone baru dengan harga lebih murah dari sebelumnya, dan mencapai itu dengan baik. Hanya dengan $ 399 / £ 419 / AU $ 749 Anda dapat memiliki handset baru dari Apple – ini adalah salah satu iPhone terbaik yang pernah dibuat dan Anda dapat mengambilnya dengan harga kurang dari setengah harga ponsel andalan baru. Desain ponsel ini akan menjadi akrab bagi siapa saja yang menggunakan iPhone baru-baru ini – kecuali jika Anda belum memegang handset dari Apple sejak 2013.

Anda akan melihat bingkai 4,7 inci ini sebelumnya, lengkap dengan bezel atas dan bawah dan tombol beranda dengan pemindai sidik jari bawaan. Sekarang dilihat sebagai faktor bentuk iPhone ‘lebih kecil’ mengingat desain semua layar dari model yang lebih baru, dan keduanya lebih ringan dan dapat dikantongi daripada apa pun dari kisaran iPhone 11. Ini sangat tahan air, tetapi memiliki beberapa kekurangan berkat desain yang lebih lama: ia tidak memiliki jack headphone di bagian bawah, dan karena teknologi layarnya sedikit kuno (seperti yang berasal dari iPhone 8).

Ia dapat menderita dalam cahaya terang saat Anda sedang mencoba untuk menonton video atau sejenisnya. Apple iPhone SE 2020 mungkin terjebak dengan desain yang sama dengan iPhone 8 , tetapi jeroannya jauh lebih baik – terutama chipset A13 Bionic baru di dalamnya, yang menambahkan kecepatan hampir di mana-mana dan benar-benar meningkatkan kinerja dibandingkan model 4,7 inci yang lebih lama. Ini tidak cukup pada level iPhone yang diluncurkan tahun lalu, tetapi tidak jauh – dan mendapatkan silikon terbaru berarti iPhone SE memiliki tahun pembaruan iOS di atasnya.

Chipset A13 tersebut juga telah meningkatkan kinerja kamera, meskipun tidak ada perubahan yang terlihat pada spesifikasi sensor sejak iPhone 8 (hanya ada satu lensa pada iPhone SE 2020). Dibutuhkan foto yang layak dan cerah yang akan menyenangkan kebanyakan orang, meskipun tidak menawarkan reproduksi warna atau kejernihan yang sama seperti iPhone 11 Pro Max , misalnya. 

Mode potret tidak berfungsi sebaik pada ponsel yang mengemas sensor penginderaan kedalaman kedua untuk efek bokeh yang presisi, dan sebagai hasilnya. Anda akan mendapatkan beberapa pinggiran yang tampak aneh di sekitar tepi subjek. Tapi secara keseluruhan kamera – dan terutama untuk harganya – mengambil gambar yang mengesankan di sebagian besar skenario. 

Masa pakai baterai mungkin adalah salah satu masalah terbesar yang kami temukan dengan iPhone SE 2020 – ini tidak akan mudah bertahan sehari kecuali Anda adalah pengguna yang ringan dan tenang. Mengingat jumlah aplikasi haus daya yang tersedia yang akan memanfaatkan semua daya yang disediakan oleh chipset A13. 

Kami ingin melihat setidaknya baterai sepanjang hari di sana, bahkan untuk harga yang lebih rendah. Namun, jangan biarkan hal itu mengurangi fakta bahwa iPhone SE 2020 mengikuti pendahulunya dengan menghadirkan iPhone baru, dengan tidak banyak kompromi, dengan harga lebih murah dari yang Anda harapkan.

Meskipun tidak mencapai banyak ketinggian dalam hal kekuatan atau kinerja, itu lebih dari mengimbangi bahwa dengan menjadi iPhone termurah yang pernah diluncurkan Apple sambil tetap mengemas perangkat keras yang halus dan berguna, menjadikan iPhone SE baru pilihan yang bagus bagi mereka yang menggunakan anggaran atau hanya ingin menemukan rute mudah ke ekosistem Apple iPhone SE 2020.

Harga iPhone SE dan tanggal rilis

IPhone termurah yang pernah ada seharga $ 399 / £ 419 / AU $ 749

Tanggal rilis iPhone SE baru adalah 24 April 2020

Kini tersedia dengan mudah di AS, Inggris, dan Australia

IPhone SE sekarang tersedia di seluruh dunia termasuk AS, Inggris dan Australia. Tanggal rilisnya adalah 24 April 2020, dengan pre-order mulai ditayangkan seminggu sebelumnya. Meskipun dikabarkan akan disebut iPhone SE 2, iPhone SE adalah nama resmi yang dipilih Apple untuk perangkat 2020-nya. Anda tidak akan melihatnya disebut sebagai iPhone SE 2020 di situs web Apple – itulah cara kami membedakannya dari perangkat 2016.

Harga iPhone SE mulai dari $ 399 / £ 419 / AU $ 749 / Rs 42.500, yang berarti harganya sama di AS dengan iPhone SE asli (tetapi lebih tinggi di Inggris). Model dasar hadir dengan penyimpanan 64GB, dengan model 128GB dan 256GB juga tersedia dengan harga yang lebih tinggi. 128GB berharga $ 449 / £ 469 / AU $ 829 sedangkan 256GB berharga $ 549 / £ 569 / AU $ 999.

Di AS, Apple menawarkan iPhone SE baru dengan harga $ 16,62 / bulan melalui paket pembiayaannya atau, jika Anda memiliki sesuatu seperti iPhone 8 untuk ditukar, hanya $ 9,54 / bulan atau $ 229 – meskipun jika Anda meningkatkan dari aslinya iPhone SE atau iPhone 6 , Anda hanya akan mendapatkan $ 30 untuk harga penuh perangkat.

Desain dan tampilan

Desain yang sangat familiar

Layar Retina HD baik-baik saja, jika sedikit gelap

iPhone SE 2020 hadir dalam warna hitam, putih dan merah

IPhone SE memiliki desain dan tampilan yang persis sama dengan iPhone 8 dari tahun 2017. Menggunakan faktor bentuk dan perangkat keras layar ini memungkinkan Apple untuk menjaga biaya perangkat serendah mungkin, karena tidak perlu berinvestasi secara keseluruhan. proses pembuatan baru.

Rasanya seperti dunia iPhone telah bergerak dalam tiga tahun – sekarang layar 4,7 inci dengan bezel tebal di atas dan di bawah terasa seperti milik masa lalu.

Pada saat itu, jajaran iPhone andalannya telah beralih ke desain semua layar – kecuali takik di bagian atas, Anda disajikan dengan hampir semua bezel – sementara dengan lebih banyak aluminium premium di dalamnya, segalanya menjadi sedikit lebih berat dalam beberapa tahun terakhir.

Jadi kembali ke desain iPhone 8 berarti Apple membawa kembali ponselnya yang lebih ringan, menjembatani kesenjangan antara iPhone SE yang lebih lama dan iPhone 11 Pro Max raksasa (tetapi mengesankan), misalnya.

Memang, saat mengambil iPhone SE baru, hal pertama yang akan Anda perhatikan adalah betapa ringannya itu. Sekali lagi, beberapa mungkin tidak memperhatikan perubahan jika mereka datang dari ponsel yang lebih kecil dari 2016/17, tetapi percayalah: itu bisa menjadi jauh lebih buruk, karena perangkat dalam rentang iPhone semua layar yang lebih baru jauh lebih berat.

Meskipun desain iPhone 8 mungkin terasa seperti pilihan kuno untuk iPhone baru, ini sangat masuk akal di iPhone SE 2020 – dan bagi beberapa orang yang tidak terlalu peduli dengan fitur-fitur terbaru, desain yang lebih familiar ini akan sangat berguna. lebih diinginkan.

Seseorang menduga bahwa jika Apple telah me-reboot bentuk iPhone SE asli, dengan layar 4 inci yang lebih kecil dan tombol home yang dapat diklik (iPhone SE 2020 baru memiliki tombol haptic yang tidak bergerak), itu masih akan terjual dengan baik; tetapi layar LCD 4,7 inci yang lebih besar lebih berguna untuk aplikasi masa kini, yang memanfaatkan layar yang diperpanjang.

Satu hal yang akan dilewatkan banyak orang adalah jack headphone 3.5mm. Kami telah meratapi kehilangannya untuk banyak bulan sekarang, tetapi karena iPhone SE asli (atau ponsel murah lainnya yang berusia 2-3 tahun, yang mungkin Anda tingkatkan versinya) memiliki fitur ini, kami dapat melihatnya mungkin masih menimbulkan kekhawatiran.

Sementara beberapa pembeli telepon mungkin telah menerima kerugian ini sekarang (hampir tidak ada handset yang diluncurkan dengan port sekarang) itu mungkin masih menjadi sesuatu yang mengejutkan bagi mereka yang menggunakan telepon dari beberapa tahun yang lalu, terlepas dari kebanyakan earbud nirkabel sejati. .

Apple telah meletakkan EarPods-nya di kotak iPhone SE, yang menggunakan konektor Lightning ponsel sebagai pengganti jack headphone 3.5mm, tetapi mereka yang sudah memiliki headphone berkabel yang mereka sukai harus mengeluarkan $ 9 / £ 9 / AU $ 15 di adaptor.

Layar pada iPhone SE 2020 mungkin bukan yang paling kaya fitur, tetapi tidak masalah. Mengingat target pasar yang dituju ponsel ini – mereka yang menginginkan iPhone baru, tetapi tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk satu iPhone – tidak ada harapan untuk tampilan OLED yang mewah di sini.

Resolusi layar iPhone SE mungkin tidak top-end (ini jauh lebih tidak tajam daripada iPhone yang lebih baru, atau bahkan sejumlah ponsel Android murah), tetapi itu bukan sesuatu yang benar-benar terlihat jelas dalam kebanyakan kasus penggunaan.

Satu-satunya hal yang ingin kami lihat peningkatannya adalah kecerahan layar: pada tahun-tahun sejak iPhone 8 diluncurkan, warna dan kejelasan layar pada ponsel telah meningkat pesat, dan tampak lebih cerah pada pengaturan default – dan memaksa kecerahan kanan memiliki efek yang kuat (dan negatif) pada masa pakai baterai.

Kecerahan itu memang perlu ditingkatkan sedikit terlalu sering juga – tidak ada yang luput dari fakta bahwa ini adalah tampilan yang lebih tua yang ditawarkan dengan iPhone SE 2020, dan ada lebih dari beberapa kesempatan ketika kami perlu melindungi telepon dari yang lebih terang. cahaya untuk melihat apa yang ada di layar – sesuatu yang tidak menjadi masalah dengan iPhone yang lebih baru.

Chipset A13 Bionic 

Jauh lebih kuat dari iPhone 8

Dapat membuka aplikasi dengan kecepatan yang baik

Bahkan kadang-kadang berhasil bersaing dengan iPhone 11 Pro

Perubahan besar dengan iPhone SE 2020 (dan kami tidak menggunakan huruf miring dengan enteng di sana) adalah mesin yang ditingkatkan dari iPhone 8. Sementara desain eksternal hampir identik, Apple telah mengisi ulang bagian dalamnya, dengan chipset yang ditingkatkan. acara.

Kekuatan ekstra itu dirancang untuk memungkinkan iPhone SE baru menyaingi kisaran iPhone 11 dalam hal kecepatan saat beralih antar aplikasi, dan mengedit snap dan video, dan juga harus meningkatkan kinerja kamera (berkat kekuatan komputasi yang ditingkatkan dari chipset baru) .

Apple tampaknya telah menerapkan beberapa peningkatan kinerja yang serius sambil menekan biaya ponsel ini, dan kesan itu telah dibuktikan dalam pengalaman kami dengan iPhone SE: ini cocok dengan iPhone 11 Pro Max – ponsel paling kuat dari Apple di pasar – untuk kecepatan saat mengekspor iMovie, dan benar-benar mengompresi video empat setengah menit 1080p pada kecepatan yang hampir sama.

Kami membandingkannya dengan iPhone 8 Plus yang lebih lama dengan pengujian yang sama, dan saat mengompresi dan mengekspor film ke ukuran yang lebih kecil, iPhone SE 2020 mengelola tugas itu jauh lebih cepat.

Jika Anda akan membebani ponsel hingga batasnya, maka handset iPhone 11 Pro lebih mampu menangani tugas dan aplikasi yang intensif secara grafis – tetapi bahkan saat memainkan game yang lebih kuat seperti Taruhan Pascal, kami tidak merasakan iPhone SE baru. kehilangan performa apapun. Rata-rata pengguna akan melihat sedikit perbedaan kecuali dengan sengaja mencoba mengenakan pajak pada SE 2020.

Yang menarik adalah cara iPhone SE telah ‘dimiringkan’ oleh Apple dalam hal output daya. Pengujian benchmark kami menunjukkan bahwa iPhone terbaru tidak memiliki kecepatan kasar atau kecepatan dari kisaran iPhone 11, menunjukkan bahwa Apple menyeimbangkan output daya dengan kinerja baterai.

Skor benchmark tersebut melihat skor single-core (untuk tugas berdampak rendah) yang hampir sama yaitu 1.300 untuk iPhone SE, dan 3100 untuk tes multi-core. Itu kurang dari 3500 untuk kisaran iPhone 11 Pro, tetapi tidak jauh dari standar iPhone 11.

Semua tolok ukur yang kami jalankan melukiskan gambar yang serupa, membuktikan bahwa iPhone SE 2020 tidak memiliki suara mentah dari kisaran Pro, mungkin dirancang untuk memberikan masa pakai baterai yang paling lama.

Anda dapat melihat hal yang sama di iPhone 11 vs iPhone 11 Pro – perbedaan kecil dalam skor benchmark, kemungkinan dalam upaya untuk memastikan setiap pengalaman disesuaikan dengan pengguna target yang berbeda. 

Mereka yang tertarik dengan model Pro akan menginginkan kekuatan maksimal absolut (itulah sebabnya ada baterai yang lebih besar untuk mengimbanginya) tetapi pengguna yang lebih ‘biasa’ mungkin baik-baik saja dengan lebih banyak keseimbangan – iPhone SE baru juga memiliki RAM 3GB, bukan daripada 4GB yang dikemas iPhone 11, seperti sekali lagi untuk meminimalkan biaya.

Kami mengalami sedikit sekali perlambatan selama kami menggunakan Apple iPhone SE 2020 – selain dari kamera, di mana ponsel membutuhkan satu atau dua detik untuk memproses setiap gambar yang kami ambil. Itu bukan masalah besar dalam skema besar, tetapi jika Anda ingin langsung melihat sekejap, Anda telah mengambilnya sedikit.

Sulit untuk mengetahui apa lagi yang harus dikatakan tentang chipset yang ditingkatkan (yang akan berdampak pada kinerja beberapa aplikasi di masa mendatang), tetapi berdasarkan perbandingan berdampingan kami tidak dapat menyalahkan kekuatan dari yang baru, lebih murah iPhone.

IPhone SE diluncurkan dengan iOS 13.4 secara default, yang telah diperbarui lebih lanjut dan perusahaan telah mengkonfirmasi bahwa iOS 14 juga akan hadir di handset di masa depan.

Kamera

Sensor tunggal 12MP, dilengkapi dengan pemrosesan gambar tingkat lanjut

Foto bagus, tapi tidak memimpin pasar

Berbagai pilihan perekaman video

Dalam pandangan kami, fitur make-or-break untuk iPhone SE – dan fokus utama dari ulasan ini – adalah kamera iPhone SE dan seberapa baik kinerjanya dalam penggunaan sehari-hari – mengingat ada perangkat keras ‘lama’ yang ditawarkan Di sini, Apple bertaruh bahwa mereka dapat meningkatkan kualitas foto menggunakan pemrosesan gambar yang didukung oleh chipset A13 Bionic.

Peringatan spoiler: taruhan telah terbayar dengan baik. IPhone SE baru sering kali dapat berdiri dengan iPhone 11 Pro Max dalam hal gertakan umum. Dan hanya kesulitan ketika datang ke area di mana perangkat kerasnya kurang.

Kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang itu sebentar lagi, tetapi kami telah membandingkan iPhone SE 2020 dengan iPhone 11 Pro Max, iPhone XS Max. Dan iPhone 8 Plus, dan itu memiliki kemampuannya sendiri.

Sebelum kita membahas lebih detail tentang kinerja kamera. Mari kita lihat perangkat kerasnya: kamera iPhone SE pada dasarnya menggunakan set lensa yang sama. Dan jumlah megapiksel, seperti iPhone 8, dengan kamera 12MP, lensa enam elemen dan penutup kaca safir untuk kekuatan.

Kami tidak tahu sensor pasti yang digunakan – Apple tidak akan mengonfirmasi apakah telah meningkatkan perangkat keras di sana. Tetapi kamera 12 MP dan aperture f / 1.8 yang sama tetap ada, jadi tampaknya hanya ada sedikit perubahan pada sensor.

Namun, Apple telah menyimpan spesifikasi perangkat keras yang sama untuk lensa sudut lebar ‘normal’ pada kisaran iPhone sejak iPhone 8. Tetapi sangat meningkatkan kualitas gambar – yang menunjukkan bahwa prosesor melakukan banyak pekerjaan berat. Jadi, seberapa besar perbedaan yang dibuat untuk menanamkan iPhone SE dengan chipset A13 Bionic yang sama. Lengkap dengan prosesor sinyal gambar yang ditingkatkan di dalamnya?

Jawaban singkatnya adalah: banyak. Letakkan foto dari iPhone SE 2020 di samping foto yang diambil dengan iPhone 8 Plus, misalnya. Dan Anda dapat langsung melihat ketajaman yang ditingkatkan, reproduksi warna yang lebih akurat. Dan keseluruhan foto yang ‘lebih baik’ baik diambil dalam kondisi yang lebih terang atau lebih gelap.

‘Penyetelan’ gambar Apple dari iPhone SE baru – cara berpikir foto seharusnya terlihat – menarik. Dengan pemrosesan yang mengikuti jejak yang ada di jajaran iPhone 11, mendukung pemandangan yang tampak lebih keren.

Ini menghasilkan gambar yang terlihat kurang hangat dibandingkan dengan yang bahkan dari iPhone XS dari tahun 2018. (yang menurut mata kami, lebih menarik secara visual), tetapi pemrosesan menghasilkan bidikan dengan tingkat ketajaman dan kejernihan yang baik.

Dalam perbandingan sisi-by-side dengan iPhone 11 Pro Max. Ponsel penuh fitur yang paling Apple telah pernah dibuat, iPhone SE tidak melakukan seperti yang juga. Tapi itu dimengerti untuk harga. Jelas bahwa SE memiliki kecenderungan overexposing dalam beberapa skenario, dengan beberapa warna dan kejelasan hilang dalam beberapa gambar.

Seseorang secara khusus melihat kami harus secara besar-besaran menghilangkan eksposur pemandangan alam yang diambil di bawah tutupan hutan. Meskipun kondisinya lebih gelap, gambarnya terlalu terang – sepertinya kamera iPhone SE baru berusaha terlalu keras untuk mengimbanginya. Kami sering menemukan bahwa gambar di jendela bidik jauh lebih cerah. Daripada di kehidupan nyata, yang biasanya berarti kami harus menyesuaikan eksposur.

Namun, dalam perbandingan langsung dengan iPhone terbaik di pasar. Tidak ada banyak perbedaan seperti yang ditunjukkan oleh jurang yang sangat besar dalam hal label harga. Anda tidak mendapatkan hal-hal seperti mode malam. (yang luar biasa, dan layak untuk dilihat jika Anda mempertimbangkan iPhone 11) atau kamera zoom ultra lebar dan 2x tambahan.

Dalam hal kualitas gambar yang Anda dapatkan, perbedaannya kecil, tetapi tetap ada untuk dilihat. Tidak semua trik berhasil – misalnya, kemampuan depth of field pada iPhone SE. Tidak sekuat (karena kurangnya lensa penginderaan kedalaman yang disebutkan di atas).

Ini berarti mode potret tidak selalu berhasil mengatasi tepi subjek. (dan ini hanya dapat menggunakan pengaburan latar belakang pada manusia, bukan pada objek).

Kamera iPhone SE baru kadang-kadang akan kabur di sekitar tepi subjek, yang berarti menggunakan salah satu efek pintar. Seperti Stage Light Mono, terlihat cukup aneh, dengan bagian rambut hilang di sisinya. Ini tidak buruk, tetapi tidak mudah untuk mendapatkan bidikan pintar yang digunakan Apple dalam pemasarannya.

Meskipun ponsel apa pun yang secara algoritmik dapat mengerjakan subjek dengan menggunakan kecerdasan mesin saja sangat mengesankan. Ada perbedaan kualitas antara foto mode potret yang diambil dengan ponsel dengan dua kamera dibandingkan dengan satu sensor.

Di tempat lain, detail cahaya redup tidak sekuat itu, dan reproduksi warna berada di belakang raksasa iPhone 11 Pro Max.

Tetapi ketika Anda mempertimbangkan biaya relatif ponsel, dan fakta bahwa iPhone SE baru sekitar sepertiga dari harga 11 Pro Max. Mudah untuk memaafkan beberapa kekurangan ringan ini, dan sebaliknya terkesan bahwa Apple telah berhasil. Untuk meningkatkan segalanya dengan sangat baik hanya dengan meletakkan mesin baru. Di dalam apa yang dalam banyak hal merupakan handset lama.

Kamera depan, urusan 7MP, juga telah diberikan kemampuan yang lebih pintar. Anda dapat mengambil gambar mode potret yang disebutkan di atas, yang berarti latar belakangnya kabur. Dan Anda dapat menangkap dunia hanya dengan fitur-fitur Anda yang mempesona.

Tidak ada opsi ‘slofie’ (baca: video selfie gerak lambat) di sini. Dan kami tidak bisa mengatakan kami melewatkannya – meskipun itu mungkin hanya karena kami masih sedikit muak dengan penemuan kata ‘slofie’.

Kualitas gambarnya bagus – tajam dan bersih, dan bahkan terlihat bagus dalam cahaya redup juga. Apple telah menerapkan algoritme fotografinya dengan baik di sini. Dan meningkatkan kemampuan kamera depan untuk mengambil foto yang halus dan terang.

Sekali lagi, menggunakan salah satu opsi mode potret sebagian besar akan menghasilkan gambar yang dipotong pendek. Dengan rambut terlihat agak tidak alami atau buram – tetapi selfie standar terlihat bagus.

Dalam hal video juga. Kekuatan keseluruhan iPhone SE 2020 sama baiknya dengan apa pun yang ditawarkan Apple di tempat lain dalam jajarannya. Anda dapat merekam video 4K hingga 60 bingkai per detik (fps).

Namun, opsi 60fps sebaiknya hanya digunakan dalam pencahayaan yang baik, karena film akan terlihat gelap dalam cahaya yang lebih rendah. Ketampanan dari footage terlihat agak aneh – hampir terlihat terlalu licin. Tapi memberikan tampilan yang lebih bagus untuk adegan yang bergerak cepat.

Baterai

Daya tahan baterai hanya sekitar satu hari

Yang mengejutkan, chipset baru ini tidak membuat segalanya menjadi lebih efisien

Pengisian cepat dan nirkabel dapat membantu mengimbangi kapasitas yang lebih rendah

Ukuran baterai iPhone SE baru belum diumumkan oleh Apple (tidak pernah mengungkapkan spesifikasi ini). Tetapi kami tahu bahwa iPhone 8 hadir dengan paket daya 1.821mAh, dan kami mengantisipasi hal serupa untuk iPhone SE 2020.

Dan jika memang demikian masalahnya maka itu adalah masalah potensial. Karena iPhone 8 tidak memiliki masa pakai baterai yang luar biasa itu bisa bertahan sehari. Dalam penggunaan normal, dengan pengisi daya harus dijangkau menjelang akhir malam. .

Secara teori, iPhone SE baru memiliki baterai yang tahan lama karena memiliki mesin yang lebih efisien. Dan iOS 13.4 lebih baik dalam mengelola konsumsi daya. 

Namun, Apple mengatakan iPhone SE “bertahan hampir sama dengan iPhone 8”, yang mengejutkan. Dan menyarankan bahwa Anda akan melihat sekitar 2-4 jam masa pakai baterai lebih sedikit dalam penggunaan normal daripada iPhone 11. Hingga 25 jam lebih sedikit jika hanya menggunakan iPhone untuk audio.

Dalam penggunaan praktis, kami melihat kinerja campuran dari iPhone baru dalam hal masa pakai baterai. Ini tentu saja tidak dalam braket penggunaan daya yang sama dengan jajaran iPhone XR dan iPhone 11 yang mengesankan. Dan kami mendapati diri kami harus meraihnya secara teratur. pengisi daya di malam hari.

Namun, pada hari-hari penggunaan rendah, di mana kami tidak menggunakan iPhone untuk fotografi atau penelusuran web dalam jumlah besar. Kami sampai di penghujung hari dengan lebih dari 30% tersisa di tangki, dan kami melihat sedikit pengurasan daya. Dalam semalam juga, menunjukkan bahwa iPhone SE cukup hemat daya dalam mode siaga. 

Anda akan mendapatkan sekitar 5% pengurasan kinerja dalam semalam tergantung pada perangkat apa yang telah Anda tautkan melalui Bluetooth. (kami memiliki dua perangkat yang dapat dikenakan yang ditautkan, yang menyebabkan lebih banyak penurunan.

Tapi, secara keseluruhan, kami merasa bahwa iPhone SE memang merupakan kemunduran dari model iPhone 4,7 inci yang lebih lama. Di mana rasanya paket daya di dalamnya tidak cukup besar untuk bertahan dengan nyaman hari. Kami pasti tidak memilikinya kepercayaan pada ponsel ini yang kami nikmati dengan iPhone yang lebih baru.

Namun, jika Anda berasal dari iPhone SE asli atau model iPhone yang lebih lama. Anda tidak akan melihat masalah apa pun (dan Anda mungkin akan melihat sedikit peningkatan). Sayang sekali ini terasa seperti kesempatan untuk meningkatkan hal-hal yang dilakukan Apple. secara mengejutkan meleset.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan berinvestasi dalam pengisi daya cepat. Apa pun dengan pengiriman daya USB-C PD atau 18W (seperti pengisi daya yang disertakan dalam kotak dengan iPhone 11 Pro. Dan tersedia dengan tambahan $ 29 / £ 29 / AU $ 49). Akan mengisi daya telepon dengan cepat. Kita sedang membicarakan Anda dari kosong menjadi lebih dari 50% dalam waktu sekitar 30 menit.

Kecepatan pengisian keseluruhan sekitar satu jam 50 menit untuk pengisian ulang penuh hingga 100%. Tetapi pengisi daya 5W yang disertakan dalam kotak akan jauh lebih lambat. Kami menyarankan untuk mengambil pengisi daya iPhone cepat dari Apple. Atau Anker agar sesuai dengan kebutuhan pengisian daya Anda yang lebih cepat.

Pengisi daya iPhone terbaik: kabel dan blok pengisian cepat yang Anda butuhkan

Kemudian lagi Anda dapat membeli pengisi daya nirkabel , karena iPhone SE 2020 mengaktifkan pengisian daya Qi. Ambil satu atau dua pad nirkabel murah, untuk rumah dan saat (pada akhirnya) di kantor. Dan Anda tidak akan pernah mengalami masalah dengan level daya lagi.

Ini tidak ideal – kami lebih suka iPhone bisa dengan mudah bertahan sehari tanpa Anda perlu meraih pengisi daya. Memberi Anda ruang untuk bernapas keesokan harinya atau dalam keadaan darurat, tetapi itu tidak terjadi di sini karena beberapa alasan.

Baca Juga Artikel Tentang: Review iPhone XR