Review Apple Watch SE 

Review Apple Watch SE

Review Apple Watch SE smartwatch telah berkembang sejak Apple Watch pertama . Semacam. Mereka sebagian besar masih terlihat sama, masa pakai baterai masih menjadi masalah dan, seringkali, perangkat lunak cukup terbatas. Namun, mereka telah mengamankan tempat mereka di banyak pergelangan tangan dengan menawarkan lebih banyak alat pelacakan kebugaran dan kesehatan dari waktu ke waktu. Dan, tidak mengherankan, Apple dengan cepat menjadi penjual teratas di luar angkasa. Saat ini, kebanyakan orang tahu apa yang diharapkan dari perangkat wearable yang bagus, dan meskipun mereka menjadi lebih populer, jam tangan pintar masih belum menjadi arus utama.

Apple Watch SE mungkin akan mengubahnya. Ini adalah jam tangan pintar baru pertama perusahaan yang harganya di bawah $ 300, dan pada dasarnya menawarkan semua yang dilakukan oleh para pendukungnya yang lebih mahal, tanpa fitur-fitur canggih seperti EKG dan penginderaan oksigen darah. Prosesornya setahun lebih tua dari Seri 6, dan Anda tidak akan mendapatkan layar yang selalu menyala. Dengan harga $ 279 , ini $ 80 lebih dari Seri 3 yang masih dijual Apple. Namun, apa yang ditawarkan Watch SE untuk harga mungkin menarik bagi pengguna iOS yang penasaran dengan jam tangan pintar, tetapi belum merasa cukup percaya diri untuk menjatuhkan $ 400 untuk satu jam.

Ringkasan

Apple Watch SE mengemas banyak fitur jam tangan pintar modern ke dalam paket ringkas dan profil rendah. Ini bukan arloji tercantik, dan laporan pelacakan tidurnya tidak sepaham kompetitor. Tetapi untuk harga, Watch SE adalah jam tangan pintar pemula yang sangat baik untuk pendatang baru.

Desain dan perangkat keras

Saya tidak pernah menyukai jam tangan pintar dengan wajah persegi panjang, tetapi dari semuanya, Apple Watch memiliki bentuk paling bagus. SE terlihat hampir identik dengan Seri 5 dan 6, jadi jika Anda terbiasa dengan mereka, Anda akan tahu apa yang diharapkan. Layarnya lebih besar dari Seri 3, yang masih bisa Anda beli seharga $ 199. SE kecil, ringan dan terasa seperti mesin kelas atas yang dijejalkan dengan rapi ke dalam casing 40mm atau 44mm yang mungil. Saya mungkin harus hidup dengan jam tangan persegi, tetapi setidaknya ini terlihat berkelas. Fitbit’s $ 329 Sense memiliki kotak persegi yang sedikit lebih liar yang sedikit lebih berat dan tidak terasa padat atau premium.

Terlepas dari bentuknya, layar Retina OLED Watch SE tajam, cerah, dan penuh warna. Ikon aplikasi, Memo, dan gambar yang dikirim teman saya semuanya tampak sangat tajam. Sementara saya masih lebih suka bezel berputar Samsung untuk menggulir aplikasi, mahkota digital Apple memiliki profil yang lebih rendah dan membuat jam tangan tetap kecil dan ringan.

Perlu dicatat bahwa Watch SE menggunakan layar kaca Ion-X yang sama seperti pada model aluminium Seri 6 dan yang lebih lama, bukan kristal safir pada edisi baja tahan karat dan titanium. Ketika peringatan kuning datang pada suatu malam, getaran yang berkepanjangan menyebabkan Watch SE saya jatuh dari meja, memecahkan layarnya. Model Apple Watch lainnya cukup tangguh, tetapi tampaknya Anda mungkin ingin sedikit lebih berhati-hati dengan Watch SE.

Tahun ini, Apple memperkenalkan band baru yang disebut “Solo Loop”. Ini adalah salah satu tali kontinu tanpa gesper, jepitan atau pengencang lainnya. Anda memakainya seperti saat Anda mengenakan karet gelang: Regangkan di atas buku-buku jari Anda lalu dorong ke pergelangan tangan Anda. Karena tidak memiliki opsi berbeda bagi Anda untuk menyesuaikan kecocokan, ukuran loop solo sangat penting. Anda harus memilih dari sembilan ukuran saat membeli jam tangan, dan Apple memberikan panduan tentang cara menggunakan benda-benda rumah tangga untuk mencari tahu apa yang tepat untuk Anda. 

Saya suka band ini. Sangat mudah untuk melepasnya dan Anda bahkan bisa mendapatkannya kembali hanya dengan satu tangan. Tali yang Apple pilih untuk saya pas juga nyaman. Padahal, orang-orang melaporkan mengalami masalah dengan pemasangannya, terutama karena pita silikon tampak sedikit lebih ketat daripada pilihan anyaman, jadi Anda harus berhati-hati saat melakukan pengukuran. Ada kemungkinan Anda harus berurusan dengan pengembalian tali jam setelah Anda membelinya sebelum akhirnya mendapatkan yang pas .

WatchOS 7 dan fitur baru

Jika Anda pernah menggunakan Apple Watch sebelumnya, sebagian besar fitur SE akan familier. Kenop adalah cara praktis untuk menggulir pemberitahuan, aplikasi, dan kontrol volume, dan bersama dengan tombol ini menawarkan beberapa pintasan bagus. Menekan lama mahkota digital memicu Siri, sementara menekan tombol di bawah akan menampilkan menu daya. Ketukan dua kali untuk menarik kartu default Anda di Apple Pay.

Menavigasi antarmuka juga sama seperti sebelumnya, dan jika Anda telah menyiapkan aplikasi favorit Anda di dok, aplikasi tersebut akan terbawa saat Anda menyiapkan perangkat baru. Sebagai pengguna Android yang sebagian besar tinggal dengan jam tangan pintar lain, saya merasa aneh bahwa gesekan ke kanan tidak membawa saya kembali ke halaman. Saya juga masih lebih suka Samsung Tizen OS karena navigasi yang lebih sederhana di mana widget dan aplikasi favorit saya sangat dekat. Di Apple’s Watches, pertama-tama saya harus menarik semua aplikasi atau dok, lalu menemukan yang saya inginkan.

Apa yang baru dengan Watch SE sebagian besar adalah pembaruan dari watchOS 7 , seperti aplikasi Kebugaran baru, pelacakan tidur dan deteksi cuci tangan otomatis dan hitungan mundur. Ada juga tampilan jam baru yang dapat dibagikan dengan dukungan untuk beberapa komplikasi dari aplikasi yang sama. Memiliki indeks UV harian dan cuaca pada saat yang sama di layar beranda memudahkan saya untuk mengetahui kapan saya boleh melewatkan tabir surya.

Mengetuk salah satu komplikasi ini akan menarik aplikasi masing-masing, dan mudah untuk memanggil cincin aktivitas saya untuk melihat seberapa jauh saya dari menutupnya. Di watchOS 7, Anda dapat menetapkan target individual untuk masing-masing dari tiga lingkaran, sebagai lawan dari satu tujuan keseluruhan. Saya menghabiskan begitu banyak hari saya terjebak di meja saya sehingga tujuan Berdiri untuk bangun setiap jam selama 10 jam hampir tidak mungkin tercapai, jadi saya menyetelnya dan menaikkan target latihan saya sebagai gantinya. 

Apple juga menambahkan empat latihan baru yang dapat Anda lacak dengan watchOS 7 – menari, latihan inti, latihan kekuatan fungsional, dan cooldown. Tarian dan pendinginan adalah tambahan yang menarik, tetapi sejujurnya saya tidak bisa membedakan antara melacak aktivitas ini dengan sesi “latihan lain” yang umum. Apple mengatakan menggunakan sensor arloji untuk mengetahui bagaimana lengan dan kaki Anda bergerak saat Anda menari untuk memprediksi gerakan tubuh, kemudian menggunakan data itu bersama dengan detak jantung Anda dalam algoritmanya untuk menentukan kalori yang terbakar. Sangat menyenangkan memiliki informasi yang secara teoritis lebih akurat tentang pengeluaran kalori Anda, tetapi pada akhirnya, laporan yang akan Anda dapatkan terlihat sangat mirip dengan apa yang Anda dapatkan untuk aktivitas lain. 

Saya tidak suka memakai jam tangan saat tidur, tetapi dari semua jam tangan pintar yang saya uji belakangan ini, Apple Watch SE adalah yang paling tidak saya pedulikan. Sayangnya, ini juga memberikan data yang paling tidak berwawasan. Sementara Fitbit dan Samsung menggunakan monitor detak jantung untuk mengetahui apakah Anda dalam kondisi REM, cahaya, nyenyak, atau tidur restoratif, Apple hanya memperhitungkan data akselerometer. Itu melacak detak jantung Anda dalam semalam tetapi tidak menggunakannya untuk memberi tahu Anda di zona tidur apa. Watch SE juga tidak akurat dalam mendeteksi ketika saya tertidur juga. Diasumsikan saya telah pergi tidur pada waktu yang telah saya tetapkan dalam jadwal tidur Wind Down saya padahal sebenarnya saya baru masuk satu jam kemudian.

Menurut Watch SE, saya gelisah setelah saya tertidur, padahal sebenarnya saya baru saja bangun dan gelisah. Kemudian, ketika saya bangun dan menunda alarm saya beberapa kali, tidak ada gerakan yang terdaftar dan Apple memutuskan untuk mengambil waktu ketika saya akhirnya turun dari tempat tidur seperti ketika saya bangun. Ini adalah jenis pelacakan yang tidak dapat diandalkan yang mengganggu Fitbits awal, tetapi mereka telah berkembang jauh lebih baik selama bertahun-tahun. Jika pelacakan tidur yang akurat dan berwawasan penting bagi Anda, Apple Watch tidak akan menjadi pilihan terbaik Anda.

Apple juga memperkenalkan fitur Wind Down and Wake Up yang membantu Anda mempersiapkan diri untuk tidur dan hari kerja. Saya mengatur waktu tidur saya menjadi 1 pagi, dan pada tengah malam, Watch SE melanjutkan Jangan Ganggu dan berhenti mengganggu saya, dan itu bagus. Tapi saya tetap terus menggunakan ponsel saya, meskipun Jangan Ganggu juga diaktifkan di sana. 

Ketika alarm pagi saya berbunyi, itu adalah nada yang lembut daripada hiruk pikuk yang menggelegar, yang bagus. Tapi tidak jauh berbeda dari sekedar memilih suara yang lebih baik untuk telepon saya. Suara ini sudah tersedia untuk iOS. Hal yang lebih baik adalah Anda dapat menggunakan mesin haptik jam tangan untuk alarm berbasis getaran di pergelangan tangan Anda untuk membangunkan Anda tanpa mengganggu orang lain. Juga, jika Anda bangun dan bergerak dalam 30 menit sebelum waktu yang Anda tentukan. Arloji akan menanyakan apakah Anda ingin mematikan alarm, yang merupakan sentuhan yang bagus.

Fitur watchOS 7 baru lainnya adalah deteksi cuci tangan, yang sangat relevan selama pandemi. Arloji akan secara otomatis mengenali, berdasarkan cara tangan Anda bergerak, jika Anda sudah mulai mencucinya. Kemudian, itu akan menyalakan mikrofon untuk mendengarkan suara air dan busa sabun untuk mengonfirmasi. Dan meluncurkan pengatur waktu 20 detik untuk memastikan Anda menggosok untuk durasi yang disarankan. 

Ini berguna saat saya mencuci tangan pertama kali setelah pulang ke rumah. Tetapi agak mengganggu setelahnya karena saya tidak selalu perlu mencuci tangan selama 20 detik penuh. Terkadang saya hanya perlu menghilangkan minyak dari telapak tangan saya dan sepuluh detik sudah cukup. Untungnya, semua yang Anda dapatkan jika Anda berhenti mencuci sebelum waktu habis adalah peringatan lembut yang bisa Anda lewati, jadi itu hanya gangguan kecil. Watch SE hampir selalu dapat mendeteksi ketika saya mulai mencuci tangan, hanya melewatkan satu sesi yang sangat cepat. Tapi dia juga mengira saya sedang membersihkan tangan saya ketika saya benar-benar mencuci beberapa buah anggur. Sekali lagi, cukup mudah untuk mengabaikan pengatur waktu dan melanjutkan hari saya.

Performa dan masa pakai baterai

Sementara sebagian besar fitur watchOS 7 baru mengecewakan, saya cukup senang dengan semua hal lain yang disediakan Watch SE. Siri merespons dalam sekejap, dan dikte suara cepat dan akurat, bahkan dengan percakapan yang diputar di TV di latar belakang. Karena tugas berbasis suara ini diproses di jam tangan, dapat dipahami bahwa tugas tersebut lebih cepat dari sebelumnya. Chipset S5 SE (atau System-in-package, seperti Apple suka menyebutnya). Sama dengan yang ada di Seri 5 , jadi Anda akan menemukan kinerja yang sama cepatnya. Seri 6, bagaimanapun, memiliki S6 SiP baru yang menurut perusahaan lebih cepat hingga 20 persen daripada S5.

Apple juga melakukan beberapa hal lebih baik daripada Samsung atau Fitbit. Saat mendapatkan pesan di jam tangan, Anda dapat membalas dengan lebih banyak opsi seperti suara. Papan ketik tulisan tangan, emoji, tanggapan yang disarankan, stiker Memoji, atau Digital Touch. Gambar yang muncul di notifikasi Anda juga muncul dan memenuhi seluruh layar. Dan aplikasi kamera jam tangan berfungsi sebagai jendela bidik jarak jauh untuk ponsel Anda. Tizen menawarkan versi dari beberapa fitur ini, baik dalam bentuk terbatas (gambar hanya didukung dalam peringatan pesan teks, misalnya). Atau melalui aplikasi pihak ketiga, tetapi sistem Apple terasa lebih cepat dan lebih bijaksana. 

Watch SE juga lebih intuitif dalam hal sesi pernapasan terpandu. Alih-alih hanya bergetar sekali untuk meminta Anda mulai bernapas seperti Fitbit. Watch SE bergetar dalam pola yang meniru peregangan balon saat terisi udara – lebih cepat pada awalnya, kemudian lebih lambat saat mendekati kapasitas. Ini lebih mudah diikuti dengan mata tertutup, yang membuat pengalaman lebih santai secara keseluruhan.

Saya juga senang dengan seberapa cepat Watch SE terhubung ke GPS saat berjalan di luar ruangan. Dan Apple Maps secara efektif memandu saya ke toko roti terdekat. Petunjuk arah bersepeda yang baru dengan cermat mencakup panduan jalur sepeda dan kecuraman lereng di sepanjang rute juga. Saya berharap itu lebih akurat dalam mengetahui ketika saya telah mencapai sudut jalan. Dan perlu tahu ke mana harus berbelok, tetapi secara umum Peta pada jam tangan berfungsi dengan baik. Saya juga menghargai bagaimana altimeter selalu aktif Watch SE menyertakan perubahan ketinggian pada laporan latihan saya saat saya selesai berjalan kaki, bersepeda, atau mendaki.

Ada fitur lain seperti deteksi jatuh, SOS darurat. Serta pemberitahuan detak jantung tinggi atau rendah yang untungnya tidak muncul selama jendela peninjauan saya. Tetapi ada jika Anda membutuhkannya. Akhir tahun ini, Anda juga akan mendapatkan pemberitahuan kesehatan yang dapat memperingatkan. Anda jika Anda menghabiskan waktu terlalu lama untuk membunyikan musik di headphone Anda. Pada akhir 2020, Fitness + akan tersedia , dan mereka yang membeli Watch SE akan mendapatkan akses gratis. Selama tiga bulan ke platform interaktif on-demand. Jika Anda menyiapkan SE untuk orang lain di keluarga Anda. Anda tidak lagi memerlukan iPhone terpisah agar mereka dapat menggunakan jam tangan. Fitur Pengaturan Keluarga yang baru memungkinkan Anda mengonfigurasi perangkat mereka dari ponsel Anda. Dan Anda juga dapat melacak metrik mereka dari jarak jauh. 

Itu adalah fitur yang akan Anda lewatkan jika Anda memilih untuk mendapatkan Seri 3 yang lebih murah. Karena Family Setup memerlukan Jam tangan seluler. Seri 3 tidak hanya tidak tersedia dengan LTE. Tetapi juga menggunakan sensor yang lebih lama seperti monitor detak jantung. Dan akselerometer, yang berarti tidak akan mendukung fitur seperti deteksi jatuh. Plus, Seri 3 menggunakan layar yang lebih kecil dan prosesor yang lebih lambat. Sehingga tidak akan terasa lapang atau responsif seperti SE.

Apple memperkirakan Anda akan mendapatkan sekitar 18 jam jus di Watch SE, dan itu tampaknya cukup akurat. Karena tidak ada layar yang selalu menyala, tidak mengherankan bahwa saya punya sekitar satu setengah hari sebelum perlu mencolokkan perangkat. Masa pakai baterai itu mirip dengan Galaxy Watch 3, lebih baik daripada Watch Active 2 dan sedikit lebih pendek dari Fitbit Sense. Apple mengharapkan runtime serupa dari Seri 6, dan itu dengan selalu di layar.

Baca Juga Artikel Tentang: Review Apple Watch Series 5