Review TicWatch Pro 3

Review TicWatch Pro 3

Review TicWatch Pro 3 adalah tambahan terbaru pada koleksi jam tangan pintar Wear OS Mobvoi , dan memiliki beberapa peningkatan besar. Sebagai permulaan, ini adalah salah satu jam tangan pintar pertama yang diluncurkan dengan prosesor Wear 4100 baru dari Qualcomm , yang seharusnya membuat Wear OS lebih cepat dengan masa pakai baterai yang lebih baik.

Mobvoi telah menyempurnakan tampilan jam tangan pintar termahal, menambahkan sensor baru seperti SpO2 dan lebih banyak aplikasinya sendiri untuk melengkapi aplikasi Google.Perubahan dan fitur baru itu datang dengan biaya yang lebih besar daripada Pro sebelumnya, dengan Pro 3 dengan harga $ 299,99.

Pro 2020 berharga $ 259. Itu wilayah Apple Watch SE , dan juga melawan orang-orang seperti Oppo Watch dan Skagen Falster 3 yang luar biasa. Kami telah menggunakan TicWatch Pro 3 untuk melihat apakah Mobvoi kembali ke jalurnya dengan jam tangan Wear OS terbaru.

Desain dan Layar

Pro dianggap sebagai opsi berkelas dari keluarga TicWatch dan itu tidak berubah dengan Pro 3. Pada pandangan pertama, tampaknya tidak terlalu jauh dari tampilan profesional sebelumnya, tetapi ada alasan untuk bersikap ceria tentang beberapa perubahan yang dibuat. Anda mendapatkan casing baja tahan karat dengan dua tombol fisik yang dipadukan dengan tali silikon 22mm yang dapat diganti yang sekarang memiliki fitur jahitan kuning.Ini memberi ilusi sesuatu yang lebih elegan, tetapi sangat cocok untuk berolahraga.

Ada cincin bezel yang mengelilingi tampilan layar sentuh, yang lebih ramping dari yang ada di Pro 2020 dan menjadi lebih kurus di Pro 3. Ukuran casing telah melonjak drastis dari yang 45mm ke opsi yang lebih besar 47mm, tetapi berhasil membuatnya lebih ramping dari pendahulunya, sekarang berukuran tebal 12,2mm. Kami pikir Pro sebelumnya adalah monster yang cukup tebal, tetapi Pro 3 pasti mengubahnya. Bezel yang lebih tipis memungkinkan lebih banyak ruang untuk layar beresolusi 1,4 inci, 454 x 454 yang lebih besar. 

Itu adalah peningkatan pada 1,39 inci, 400 x 400 yang ditampilkan pada Pro terakhir. Ini adalah layar AMOLED berkualitas bagus yang menawarkan kecerahan yang baik dan tentu saja meningkat saat melihatnya di bawah sinar matahari yang cerah. Mobvoi masih menggunakan teknologi layar lapisan ganda yang menambahkan tampilan FSTN ke layar AMOLED. Idenya adalah bahwa layar FSTN yang kurang haus daya dapat digunakan dalam skenario di mana Anda mungkin tidak perlu membangunkan layar. 

Seperti ketika Anda hanya perlu mengetahui waktu atau jumlah langkah harian Anda. Ini juga digunakan selama pelacakan latihan untuk memungkinkan Anda melihat data dasar waktu nyata tanpa membangunkan tampilan. Mengangkat pergelangan tangan Anda mengaktifkan lampu latar pada tampilan FSTN dan ketukan lebih lanjut akan membangunkan layar AMOLED. Ini sebenarnya bekerja dengan sangat baik dan apa pun yang dapat meningkatkan kinerja baterai hanya bisa menjadi hal yang baik. 

Kombinasi casing dan tali jam tangan dilengkapi dengan peringkat tahan air IP68, yang berarti jam tangan ini cocok untuk berenang, meskipun hanya jika Anda melakukannya di kolam. Ini juga bagus untuk melompat di kamar mandi bersama. Secara keseluruhan, perubahan pada desain depan disambut baik. Meskipun kami telah mengkritik Mobvoi yang mencoba memuaskan mereka yang menginginkan sesuatu yang cocok untuk berolahraga dan terlihat bagus diluar gym, hal ini tentunya memberikan keseimbangan yang lebih baik.

Kinerja Prosesor Baru

Seperti setiap TicWatch lain yang telah diluncurkan sejauh ini, Pro 3 sekali lagi menggunakan Google Wear OS untuk memberikan kecerdasan. Itu didukung oleh prosesor Snapdragon Wear 4100 baru Qualcomm disertai dengan RAM 1GB, penyimpanan 8GB. Pro 3 adalah salah satu jam tangan pintar pertama yang mendapat manfaat dari teknologi prosesor baru Qualcomm, yang sekali lagi menjanjikan peningkatan kinerja dan kecepatan yang besar. 

85% peningkatan di departemen tersebut dibandingkan dengan prosesor Wear terakhir. Untuk Pro, ini adalah lompatan generasi besar dari prosesor Snapdragon 2100 yang ditampilkan di Pro 2020. Tapi apa artinya itu bagi kita di dunia nyata? Kami mendukung dua model Pro terakhir untuk membandingkan peluncuran aplikasi dan menggunakan beberapa aplikasi utama untuk mengetahui seberapa banyak yang telah berubah. Apa yang kami temukan adalah bahwa ada sedikit jeda saat menggesek layar dan meluncurkan aplikasi tampak lebih cepat. 

Perbedaan performa pasti lebih terlihat dibandingkan dengan Pro 2020. Apakah ini sesuatu yang inovatif? Tidak benar-benar berdasarkan waktu kita dengannya. Ini tentu saja merupakan langkah ke arah yang benar dan Mobvoi perlu meningkatkan internalnya hanya agar sejalan dengan jam tangan Wear OS lainnya. Di mana kami benar-benar berpikir peningkatan tersebut dilakukan adalah dengan masa pakai baterai, yang akan kita bahas nanti.

WearOS dan fitur jam tangan pintar

Sedangkan untuk Wear OS, ada sesuatu yang sangat familiar, tetapi juga sedikit berbeda tentang kehadirannya di Pro 3. Anda masih memiliki fitur seperti dukungan notifikasi, NFC untuk Google Pay dan speaker dan mikrofon built-in yang menghidupkan Asisten Google dukungan dan aplikasi catatan suara yang berguna. Anda juga mendapatkan campuran aplikasi Google dan Mobvoi. Saat Anda melompat ke laci aplikasi, Mobvoi telah membuang UI daftar aplikasi Wear tradisional.

Sekarang mengelompokkan ikon aplikasi menjadi dua yang dapat Anda gulir. Ini jauh lebih baik untuk digunakan dan mirip dengan pendekatan yang terlihat di Oppo Watch. Notifikasi hanya menggesek dari layar jam tangan utama dan ini adalah cerita yang mirip untuk Asisten Google di mana kegunaannya masih kurang jika dibandingkan dengan pengalaman dari ponsel atau speaker pintar. Anda memiliki pilihan tampilan jam yang bagus, sebagian besar terdiri dari gaya analog yang paling cocok. 

Wajah-wajah itu dapat disesuaikan dan Anda dapat mencari lebih banyak wajah di pusat tampilan jam di aplikasi telepon pendamping Mobvoi. Anda tentu saja dapat menemukan lebih banyak di Google Play Store juga. Sesuatu yang membedakan smartwatch Mobvoi dari yang lain Wear OS adalah aplikasi tambahan yang disertakan di atas Google. Kali ini menambahkan lebih banyak, sebagian besar ditujukan untuk mereka yang peduli tentang pemantauan kesehatan dan kebugaran mereka. 

Yang pertama adalah TicBreathe, yang merupakan aplikasi untuk memuat saat Anda ingin melakukan latihan pernapasan. Ini tidak terlalu berbeda dengan apa yang telah kita lihat dari Google, Apple dan Samsung. Selanjutnya adalah TicZen, yang pada dasarnya adalah aplikasi pelacakan stres tempat ia membangun akses ke aplikasi TicBreathe yang dijelaskan di atas jika Anda mengetahui tingkat stres Anda tinggi. Dengan tambahan sensor SpO2 tren, Mobvoi telah menambahkan TicOxygen di mana Anda dapat mengukur oksigen darah langsung. 

Melihat tertinggi dan terendah setiap hari jika Anda mengaktifkan pemantauan terus menerus dan melihat tren dari waktu ke waktu. Kami mengujinya dengan oksimeter pulsa dan menemukan data yang konsisten. Meskipun kami kadang-kadang berjuang untuk mendapatkan bacaan pada kesempatan. Apa yang mungkin kurang menjelaskan mengapa data ini berguna dan mungkin beberapa wawasan tentang data. Itu adalah sesuatu yang Huawei lakukan dengan baik pada jam tangannya dengan fitur serupa.

Aplikasi baru yang jelas-jelas terinspirasi oleh aplikasi Noise Apple adalah TicHearing, yang mengukur kebisingan di lingkungan Anda untuk memastikan telinga Anda tidak terkena tingkat kebisingan yang tidak aman. Kami umumnya menghargai dimasukkannya aplikasi Mobvoi sendiri untuk mengimbangi apa yang ditawarkan Google. Apa yang kami ingin lihat dengan aplikasi seperti TicOxygen dan TicHearing adalah memberikan beberapa konteks ke data untuk memberikan nilai dan alasan yang lebih besar untuk mengukur atau memantau.

Pelacakan kebugaran dan akurasi detak jantung

Mengalihkan perhatian kami ke pelacakan kebugaran, ini juga sedikit campuran dalam hal kinerja. Untuk pelacakan langkah, data berkisar dari yang sebanding dengan jam tangan pintar Garmin, tetapi pada beberapa hari bisa jadi 2.000 langkah. Tapi selain dari hari aneh yang tidak menentu, itu berbaris dengan baik untuk perangkat perbandingan. Untuk pelacakan tidur, Anda memiliki aplikasi TicSleep Mobvoi untuk meninjau data tidur terbaru Anda dan kemudian Anda harus masuk ke aplikasi Mobvoi untuk melihatnya lebih dekat.

Apa yang kami temukan dengan pelacakan tidur adalah bahwa pelacakan tidur memiliki kekhasan khusus untuk memecah tidur menjadi dua bagian. Mungkin itu adalah titik di mana kami terbangun sebentar atau diaduk, tetapi kami hanya tidak berjalan berkeliling untuk menyarankan kepada arloji bahwa pelacakan tidur harus dihentikan. Data tersebut tidak pernah benar-benar cocok dengan pelacakan tidur Garmin yang kami uji. Sebagian besar durasi tidurnya sama, tetapi aspek seperti gangguan tidur tidak pernah benar-benar mendekati. 

Kami sama sekali tidak mengatakan bahwa Garmin lebih dapat diandalkan, meskipun mengatakan bahwa kami hanya perlu waktu sebentar untuk tertidur ternyata jauh dari kenyataan. Untuk akurasi monitor detak jantung, ini seperti yang kami harapkan. Itu bagus di beberapa tempat, tapi yang lain tidak begitu bagus. Di bawah ini adalah data detak jantung yang diambil dari lari melawan monitor tali dada MyZone. Tanpa membandingkan data yang kami tahu bahwa dari melirik ke pergelangan tangan kami selama berlari. 

Pro 3 umumnya memposting pembacaan detak jantung yang lebih tinggi. Tampaknya semuanya benar dengan pembacaan rata-rata, tetapi kemudian memposting pembacaan maksimum yang lebih tinggi. Saat Anda tidak berolahraga, Anda dapat memantau detak jantung secara terus-menerus, memungkinkan Anda melihat data detak jantung istirahat rata-rata bersama dengan pembacaan maksimum dan minimum untuk hari itu. 

Apa yang kami temukan adalah bahwa pembacaan di tempat umumnya identik dengan jam tangan olahraga Garmin dan monitor tali dada. Meskipun terkadang juga bisa keluar 5-10bpm. Itu tampaknya tercermin dalam data harian yang kami ambil dengan pembacaan istirahat, maksimum dan minimum yang tampak agak meleset. Performa ini bisa turun ke berbagai hal seperti fit, sensor, dan angka umum. Kami akan berpikir itu mungkin campuran dari hal-hal yang membuat kredensial pelacakan olahraga dan kebugaran Pro 3 sedikit dipertanyakan.

Masa pakai baterai

Dengan casing yang lebih besar, Mobvoi juga dapat meningkatkan kapasitas baterai dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja baterai. Ini berkembang dari 415mAh hingga 577mAh yang dirancang untuk memberikan hingga 3 hari dalam mode jam tangan pintar penuh. Dan hingga 45 hari ketika dalam mode Esensial yang beralih ke mode tampilan FSTN.

Pro terakhir berhasil mengumpulkan 2 hari. Dan kami pasti akan mengatakan peningkatan telah dilakukan dalam hal apa yang akan Anda dapatkan dalam mode jam tangan pintar penuh. Dengan sedikit pengelolaan yang cermat, Anda bisa mendapatkan masa pakai baterai tiga hari dengan pelacakan tidur.

Namun, fitur seperti pelacakan olahraga dan penggunaan GPS masih menguras daya baterai secara signifikan. Sebuah lari selama empat puluh menit menghabiskan baterai hanya kurang dari dua puluh persen. Ada lebih banyak fitur haus daya di sini seperti pemantauan SpO2 terus menerus dan aktivitas pelacakan setiap hari akan berdampak. Meskipun tampaknya Mobvoi secara umum telah membuat peningkatan yang nyata di sini.

Baca Juga Artikel Tentang: Review ITouch Slim